App Store Optimization (ASO) adalah proses peningkatkan visibilitas aplikasi dalam app store dan juga meningkatkan conversion rate-nya. Selain untuk mendapatkan peringkat tinggi dalam hasil pencarian app store, ASO juga berfokus pada click-through-rate (CTR). Dengan ini, aplikasi harus dapat meyakinkan user untuk benar-benar mengklik listingan app store begitu mereka menemukannya. ASO dapat dilakukan dengan cara mengoptimalkan Nama Aplikasi, App Title, App Icon, App Screenshots and App Rating.
Setelah user mengklik ke halaman listing app store, Anda harus memastikan bahwa mereka juga mendownloadnya. Bagian dari ASO ini juga dikenal sebagai Conversion Rate Optimization (CRO).
ASO sering disebut sebagai app store SEO (Search Engine Optimization). Kedua proses memiliki kesamaan seperti pengoptimalan kata kunci, backlinking, dan conversion optimization. Perbedaan utama antara ASO dan SEO adalah faktor peringkat. ASO digunakan untuk aplikasi seluler sedangkan SEO untuk situs web. SEO adalah cara memaksimalkan pertumbuhan website secara organik, sedangkan ASO dipakai untuk memaksimalkan pertumbuhan aplikasi.
Teknik SEO tidak dapat diaplikasikan pada ASO karena tentunya objek yang disasar sangat berbeda. Selain itu, ruang untuk mendeskripsikan aplikasi dengan keyword juga tidak sebanyak saat menulis konten website. Diperlukan strategi penyusunan deskripsi dan keyword yang lebih efisien, singkat dan lugas untuk menggambarkan aplikasi.
SEO VS ASO
June 04, 2021
