Tren perkembangan teknologi digital di tengah pandemi terus berkembang pesat khususnya layanan perbankan digital. Sebagian besar masyarakat saat ini sudah memanfaatkan layanan perbankan digital untuk melakukan transaksi keuangan. Dunia perbankan konvensional mulai beralih secara digital dengan penggunaan internet dan penciptaan metode baru untuk menerapkan layanan keuangan terbaik. Dalam perbankan digital, internet adalah kunci untuk berbagai layanan perbankan seperti membuka rekening bank, mentransfer dana, mengatur penggunaan debit, melakukan pembayaran jarak jauh, mengirim uang, dan melakukan transaksi dengan bank lain tanpa harus mengunjungi cabang bank tersebut.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melalukan usaha percepatan transformasi digital perbankan dalam menghadapi perkembangan digital. Diawal tahun 2021, aturan terkait bank digital di Indonesia sedang dimatangkan. Pendirian bank digital akan dibagi menjadi dua jenis. Pertama, benar-benar bank baru yang akan menerapkan konsep digital secara menyeluruh. Kedua, transformasi bank yang sudah ada untuk menjadi bank digital.

Untuk pendirian bank digital baru, OJK telah menyusun draf aturan dengan syarat harus memiliki minimal modal 10 triliun dan memiliki satu kantor pusat di Indonesia. Selain itu, seluruh layanan perbankan baru harus dilakukan secara digital sehingga kapasitas teknologinya harus kuat.

Untuk transformasi bank yang telah ada menjadi bank digital juga memiliki syarat tertentu. Syarat konversi tersebut adalah memiliki model bisnis yang realistis, penggunaan teknologi yang inovatif dan aman, memiliki tata kelola bank yang prudent dan berkesinambungan, memiliki kapasitas dalam menjalankan manajemen risiko, serta memiliki aspek kompetensi sumber daya manusia dimana minimal satu direksinya memiliki kompetensi terkait IT.

Sebagai contoh, bank yang sudah ada yang melakukan transformasi menjalankan open banking dimana beberapa e-commerce terkoneksi di dalamnya membentuk satu ekosistem. Seluruh ekosistem di dalamnya harus memenuhi consumer data conection, standarisasi IT yang terhubung dengan bank, dan sebagainya.